Cara Menghapus Virus msn.exe Perubah Folder Menjadi File exe

05.21


Assalamualaikum

Apa kabar semua?
Kemarin saya bingung, kenapa kok flashdisk tiap dipinjam teman. Tiba tiba folder yang didalamnya tercopy dan dalam bentuk exe. Dan ini tidak hanya satu teman, melainkan beberapa teman. Kebetulan saya orangnya kepo,  jadi saya klik salah satu folder yang telah berubah menjadi exe. Tapi ternyata tidak ada efek kepada laptop saya. Hemm....

Kemudian, saya format flashdisk tadi. Sehingga bersih. Setelah itu, saya membuat folder didalam flashdisk tersebut. Tak sampai satu detik, muncul folder baru dengan nama yang sama tetapi dalam bentuk exe.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device

Hemm..., seperti itu kerjanya.
Akhirnya saya tahu cara kerja virus tersebut, tetapi saya punya masalah baru. Yaitu bagaimana cara menghilangkan virusnya?

Pertama saya scan flashdisk tadi dengan SMADAV, folder exe nya hilang tapi beberapa saat kembali lagi. Hemmm, kemudian saya coba buka task manager, kemudian pada process ternyata ada aplikasi aneh yang berjalan. Yaitu msn.exe 32, kemudian saya coba klik kanan open file location. Ternyata dia berada di partisi C, didalam folder windows palsu yang terhidden. Setelah itu, saya end process aplikasi tersebut pada task manager. Kemudian menghapus file msn.exe secara manual di partisi C, begitu pula di recycle bin. Kemudian Saya scan semua penyimpanan menggunakan SMADAV, dan menghapus file karantinanya.
Jadi berikut saya ringkas:

Pengertian virus msn.exe 32
Virus ini tidak diketahui asalnya, berbeda dengan virus msn messenger. Virus ini bekerja dengan cara mencopy folder tetapi dalam bentuk exe, folder tersebut merupakan anak virus.

Cara Menghapus
1. buka Task manager
2. Pilih tab process
3. Cari msn.exe *32
4. Klik kanan, open folder location
5. end process msn.exe *32 di task manager
6. Hapus file msn di foldernya tadi secar manual
7. Buka recycle bin, hapus file msn.exe
8. Scan semua partisi menggunakan SMADAV atau antivirus lainnya, Fix all
9. Hapus virus yang dikarantina
10. Selesai

Nah, itulah cara mengatasi virus msn. Semoga berhasil.
Sekian, Wassalamualaikum

Tags: Virus msn, msn.exe *32, virus pembuat folder exe, cara mengatasi virus msn

You Might Also Like

0 komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.