Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device

05.19


Assalamu'alaikum

Apakah kalian punya problem? ketika sedang menghidupkan laptop layar hanya menampilkan No Bootable Disk/Device atau tulisan sejenis? berikut Saya berikan solusinya. Semoga membantu.

1. Apakah laptop anda belum terisi Operating System sebelumnya?, misalnya belum ada Windows, Linux, Ubuntu atau apapun? Jika belum solusinya adalah dengan: Menginstalkan Operating System yang dapat anda lakukan sendiri, minta teman atau bawa ke pusat laptop terdekat

2. Apakah sa'at laptop anda booting (memulai start) ada flash disk menancap, USB menancap, Hardisk Eksternal menancap atau VCD didalamnya? Jika iya. Lepaskan dulu komponen tersebut kemudian coba hidupkan kembali.

3. Apakah sebelumnya Laptop anda sudah memiliki Operating System (misal Windows, Linux, Ubuntu dll), kemudian dengan tidak sengaja anda merubah apa yang ada pada bios? Misalnya mengupdatenya, atau melakukan pengaturan pengaturan yang sebenarnya anda tidak tahu maksudnya, atau tiba tiba masuk eh salah pencet. Jika begitu maka solusinya aturlah kembali pengaturan pada Bios. Caranya:
a. Hidupkan komputer/laptop
b. Segera masuk bios dengan menekan F2 pada kebanyakan laptop F9 pada laptop merk HP dan fn+F2 untuk merk Lenovo.
c. ASUS: Setelah itu sorot pada menu Advance apakah disana ada peraturan OS seperti pemilihan Windows 7, Windows 8.X jika iya maka rubahlah sesuai Operating System Anda. Setelah itu save dengan menekan F10 dan Save Change. Tunggu beberapa detik, hidupkan kembali laptop anda, kemudian masuk bios kembali dengan menekan F2, arahkan ke menu Boot, lihat apakah disana ada menu pengaturan boot, ubah mode UEFI menjadi Legacy, kemudian simpan dengan klik F10 dan Save Change.
d. ACER & Lenovo: Setelah masuk bios, pilih menu Boot dan ubah mode UEFI menjadi Legacy, lihat pilihan Booting apakah sudah mengarah pada hardisk yang berisi windows. Jika sudah kemudian simpan dengan klik F10 dan Save Change.
e. HP: Pilih pada hardisk anda yang berisi Operating System, kemudian Enter.

Nah, silahkan dicoba. Misalnya anda tidak berani mencoba, atau mencoba tapi gagal. Saya sarankan untuk membawa Laptop anda ke tempat service.

NB: Cara diatas hanya berlaku pada masalah software, jika masalah hardware seperti Hardisk yang ada windowsnya rusak atau tidak terdeteksi maka cara diatas tidak berlaku.

Sekian, Semoga Anda berhasil
Wassalamu'alaikum

You Might Also Like

0 komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.